0859 3384 3322

Selamat Hari Lahir Pancasila 1 Juni

$rows[judul]

Hari Lahir Pancasila diperingati setiap tanggal 1 Juni di Indonesia. Hari ini memperingati momen ketika Pancasila pertama kali diusulkan oleh Soekarno sebagai dasar negara Indonesia dalam pidatonya pada tanggal 1 Juni 1945. Pidato tersebut disampaikan di depan Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI).

Pada hari itu, Soekarno memperkenalkan konsep lima dasar negara yang kemudian dikenal sebagai Pancasila. Lima dasar tersebut adalah:

1. Ketuhanan yang Maha Esa

2. Kemanusiaan yang Adil dan Beradab

3. Persatuan Indonesia

4. Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan

5. Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia

Pidato Soekarno pada 1 Juni 1945 dianggap sebagai lahirnya Pancasila, meskipun proses perumusan dan penyempurnaan Pancasila sebagai dasar negara masih berlangsung hingga beberapa bulan setelahnya. Pancasila kemudian secara resmi disahkan sebagai dasar negara pada 18 Agustus 1945, sehari setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945.

Hari Lahir Pancasila 1 Juni baru ditetapkan sebagai hari libur nasional pada tahun 2016 oleh Presiden Joko Widodo melalui Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2016. Penetapan ini bertujuan untuk meneguhkan kembali nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara serta untuk mengenang jasa-jasa para pendiri bangsa yang telah merumuskan Pancasila sebagai dasar negara.

Setiap tahunnya, berbagai kegiatan dan upacara peringatan dilakukan di seluruh Indonesia pada tanggal 1 Juni untuk merayakan Hari Lahir Pancasila. Ini merupakan momen penting untuk merefleksikan dan mengukuhkan kembali komitmen terhadap nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Tulis Komentar

(Tidak ditampilkan dikomentar)